Doa suami untuk istri dan anaknya
Ilustrasi Doa suami untuk istri dan anaknya | Nasihatpernikahan.com

Doa Suami Untuk Istri dan Anaknya Tersayang

Diposting pada

Nasihatpernikahan.comDoa suami untuk istri dan juga anaknya tersayang ini adalah salah satu yang bisa disampaikan pada Allah SWT di setiap waktu, di setiap selesai shalat maupun keadaan lainnya.

Doa juga bisa menjadi salah satu yang menjadi ucapan ulang tahun pernikahan islami bagi suami ke istrinya, berharap mendapatkan kebaikan, keberkahan dan selalu dilimpahkan karunia-Nya.

Percayalah kekuatan doa kebaikan untuk istri itu adalah benar adanya, banyak hal yang telah menjelaskan akan kekuatan doa ini, bahkan hadits doa untuk istri demikian.

Maka tak ada salahnya doa disampaikan baik dari suami tercinta yang jauh bekerja, doa untuk istri yang jauh dan untuk anaknya yang sedang berada di rumah, tidak ikut di wilayah kerjanya.

Demikian juga bagi istri, ada doa untuk suami dan anak yang bisa dimunajatkan, saling mendoakan adalah kebaikan yang diharapkan keberkahan dari Allah SWT.

Berbicara doa juga, tak hanya untuk mendoakan sesuatu hal yang tengah dialami sulit, ketika seorang suami mendapati perlakuan istrinya yang tidak sesuai keinginannya.

Misalnya saja, membangkang atau berbuat tidak patut ke suami, kita sebenarnya bisa berdoa, doa suami untuk istri durhaka, meminta kepada Allah segala kebaikan agar istrinya tersebut diberi hidayah dan menyadari kesalahannya.

Kita bisa mencoba doa Nabi Muhammad untuk istrinya, doa kebaikan untuk istri yang ia munajatkan, dari doa suami untuk istri setelah akad, hingga, doa suami untuk istri yang akan melahirkan.

Memang, doa yang dimunajatkan Nabi Muhammad adalah Bahasa Arab, tapi jika memang tak bisa memahaminya, tentunya kita tak ada masalah berdoa dengan Bahasa Indonesia, orang Inggris berdoa dengan Bahasa Inggris.

Asal, doa yang disampaikan adalah meminta kepada Allah SWT, bukan kepada yang lain selain Allah yang akhirnya menjadi perbuatan yang sirik.

Doa Suami Untuk Istri Sholehah dan Anaknya

Pertama, apa saja doa doa yang bisa disampaikan suami ketika meminta kepada Allah untuk menjadi doa kebaikan bagi istrinya yang sholehah. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

Bismillahirrohmaanirrohiiim, Alhamdulillahi robbil ‘aalamiiin, Ashsholaatu wassalaamu ‘alaa rosuulillaah….

Yaa Robbiii, terimakasih atas nikmat, rahmat, dan keberkahan yang selalu melimpah kepada kami,

engkau telah menyatukan kami dalam ikatan pernikahan yang suci ini.

Engkau telah menghalalkan yang sebelumnya belum halal atas kami. Engkau telah memberikan kami kesempatan untuk bisa mengikuti sunnah Rasul-Mu dalam menyempurnakan separuh dien-Mu.

Ya Allah, Ya Rabb… keluarga kecil ini adalah semai ibadah kami, dan kemesraan dalam tuntunanmu tak pernah berputus untuk terus mengharapkan ridho dan ampunan-Mu.

Doa selalu kupanjatkan sebagai suami, terlantun di setiap sudut ruang nafas yang engkau berikan kepadaku, kusempatkan di setiap tanggung jawab hamba sebagai manusia.

Tak ada kenal waktu ku ceritakan padamu, sebuah pengharapan terlantun di setiap doa, malam, pagi buta yang berkabut,

maupun di terik mentari siang hari yang meluluhkan keringat, semua karena pengharapan ridho-Mu.

Terus menerus kuharapkan ridho dan ampunan-Mu ya Allah, untuk itu, tuntunlah kami ya Allah, jadikan hamba suami yang setia, sholeh,

dan selalu bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada istri dan anak-anak hamba.

Demikian juga, tuntunlah istri hamba, untuk menjadi istri yang sholeh, taat dan tidak durhaka pada suami, orang tua, dan terutama kepada diri-Mu Ya Rabb.

Jauhkan kami dari jalan orang orang yang engkau murkai dan orang orang yang sesat.

Jauhkan kami dari kedzhaliman dan dari orang orang yang dzhalim, jauhkan kami dari kefasikan dan jalan orang orang fasik.

Ya Allah, jauhkan kami dari kekafiran dan jalan jalan orang yang kafir. Selamat kami di kehidupan dunia dan akhirat kelak.

Baca Juga: Tanda Wanita Serius Ingin Menikah, Kenali 5 Ciri Ini

Yaa Robbiii. Jadikan istri dan anak-anakku taat menjalankan perintah-Mu, menjauhi larangan-Mu,

dan jadikan istri dan anak hamba orang yang selalu taat dalam penegakan syariat-Mu.

Jadikanlah istri hamba istri yang sholehah, menjadi sebaiknya perhiasan dunia bagi rumah tangga kami,

menjadi sahabat terbaik dalam mengarungi suka duka kehidupan, serta ketakwaan pada-Mu.

Ya Allah, semoga hamba bisa menjadi imam yang baik, bisa membimbing istri menjadi seorang istri yang sholehah, bisa membimbing anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Bisa menjadi imam yang baik dan mampu membimbing anak dan istri sholehah, tidak durhaka pada hamba, orang tua, kepada-Mu ya Allah dan kepada agama-Mu yang maha agung ini.

Yaa Allah, Yaa Robbiii… Ampunilah dosa-dosa kami, atas dosa yang kami sadari maupun yang tidak kami sadari, atas dosa yang kami sengaja maupun tidak disengaja.

Ya Allah, dalam doa ini pulalah, hamba memohon, ampunilah dosa Ibu dan Bapak kami, ampunilah dosa saudara-saudara, kerabat-kerabat, sahabat-sahabat, guru-guru kami.

Ya Allah, ampunilah dosa seluruh kaum muslimin dan muslimat, teman kami di dunia dan akhirat, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaaban naar…

Allohummaghfirlanaa bikaroomika ajma’iiin, watubuwazaqi wa’fu ‘an man yaquulu aamiiin aamiiiin aaamiiin….

Washollollohu ‘alaa sayyiidinaa Muhammad wa ‘alaa aalihi ajma’iiin. Walhamdulillahi robbil ‘aalamiiin…

Doa Suami Untuk Istri Setelah Akad Nikah

Selanjutnya doa suami untuk istri setelah akad nikah di pesta pernikahan. Jadi memang, sebenarnya ada aturan yang harus dilakukan oleh seorang suami ketika telah selesai melukan ijab dan qobul atau akad nikah kepada istrinya.

Jadi, ketika akad nikah selesai dijalankan, maka, sebaiknya, hendaklah seorang suami memegang ubun-ubun atau kepala istrinya dengan dibarengi menyebut nama Allah SWT.

Selanjutnya, diawali dengan bismillah, kemudian bacalah doa untuk istri setalah akad nikah berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْ

Allaahumma innii as-aluka khayraha wa khayra maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya:

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Pertama, memegang ubun-ubun istrinya seraya menyebut nama Allah yakni mengucapkan bismillaah

Doa Suami Istri Mengharap Keberkahan Rumah Tangga

Ada juga doa suami istri yang dimunajatkan untuk pengharapan keberkahan Allah SWT dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Maka, setelah membaca doa di atas, setelah menikah yang harus disampaikan suami ke istrinya dengan meminta kepada Allah SWT, ada doa lanjutan memohon kepada Allah, yakni untuk dikaruniai keberkahan.

Jadi, doa selanjutnya bagi suami istri adalah memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai keberkahan dalam rumah tangga yang telah mulai dibangun dan dijalaninya kelak. Misalnya dengan kalimat :

اللهم بارك لي في أهلي وبارك لأهلي في

Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li-ahlii fiyya

Artinya:

Ya Allah berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku

Baca Juga: Proses Taaruf Sampai Menikah Berapa Lama?

Selain itu ada juga doa doa lain yang bisa dimunajatkan sebagai pengharapan kepada Allah SWt dalam keberkahan yang diberikannya.

Memang tidak perlu diucapkan satu per satu, ada beberapa keyakinan yang harus disampaikan, dalam hal ini seorang suami bisa mendoakan istrinya dengan doa yang diajarkan Rasulullah SAW.

Doa dalam Bahasa Arab:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Doa dalam Bahasa Indonesia

Allaahumma innii as-aluka khayraha wa khayra maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya:

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Doa Suami Untuk Istri Hamil

Bagi suami dan istri pernikahan adalah hal yang teramat dinantikan, proses regenerasi pun dipersiapkan, maka kehadiran buah hati begitu diharapkan.

Maka tak ada salahnya doa suami untuk istri agar cepat hamil, doa yang dimunajatkan ketika istri hamil sebagai pengharapan pada Allah SWT agar diberikan seorang anak yang soleh dan solehah.

Berdoalah dengan baik, sesuai dengan tuntunan Al-qur’an dan hadits, meminta kepada Allah SWT, meyakini bahwa rumah tangga yang dibangun telah siap untuk diberi kepercayaan sebagai penjaga anak dengan tugas yang benar.

Berikut amalan doa yang bisa dipanjatkan oleh suami ketika istri sedang hamil:

  • الفَاتحة الى حضرة النبي المصطفى محمد صلى الله عليه وسلم وعلى اله واصحابه والتابعين وتابع التابعين لهم باحسان الى يوم الدين والى من اجازني هذه الورد الفاتحة
  • الفاتحة الي هذا الحمل الفاتحة
  • صلوات × 100
  • رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارْ × 3 (بلا تنفس)
  • يقرأ كل ليلة الجمعة عند زوجة الحاملة ويوضع مصبحت الزوج (القارئ) في سرة الزوجة
    (اجازنا حضرة الشيخ كياهي أنوار منصور الحاج)

Baca Juga: Ketentuan Menggunakan Wali Hakim Sebagai Wali Nikah

Penjelasannya sebagai berikut

  • al-Fatihah yang dibacakan ditujukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beserta segenap keluarganya dan segenap sahabat serta para tabi’in dan para pengikut tabi’in
  • al-Fatihah ditujukan kepada calon janin
  • Baca sholawat sebanyak 100 kali. Untuk shalawatnya disesuaikan dengan kemampuan saja karena tidak literatur yang dengan jelas menjelaskannya
  • Rabbanaa maa kholaqta haadza baathilaa sub-haanaka faqinaa ‘adzaabannaar……. 3 x tanpa nafas.

Baiknya doa-doa tersebut dibacakan setiap hari terutama ketika malam jumat dengan sembari mengelus-elus perut istri.

Jangan lupa untuk senantiasas bersyukur kepada Allah karena ingat diluar sana banyak orang yang menantikan kehadiran puta dan putri. Allah sudah memberikannya kepada kalian.

Doa Suami Kepada Seorang Istri Yang Sudah Meninggal

Selanjutnya ada salah atu kewajiban bagi umat Islam yang masih hiduo adalah mendoakan orang yang sudah meninggal dunia.

Meskipun telah terpisah antara kehidupan dunia dan alam kubur, Allah masih memberika rahmat kepada orang yang berimah untuk bisa memberikan kebaikan.

Sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan doa kepada mukmin yang telah meinggal mendahului kita, terutama jika yang meninggal adalah orang yang dekat dengan kita.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis:

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan.

Dia menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang tepercaya.

Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya.

Dan sesungguhnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung.

Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Allah untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.”

(HR Ad-Dailami)

Doa Suami Untuk Istri yg Sudah Meninggal

Adapun doa seorang suami untuk istrinya yg sudah meninggal seperti apa yang disampaikan di atas, adalah sebagai berikut:

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’

mudkhalahu waghsilhu bilmaa`i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan

min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar”.

Yang artinya yaitu:

“Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia,

muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnyak, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk.

Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran,

dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat-

serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik.

Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).”

(HR. Muslim)

Doa tersebut khusus dibacakan untuk mayat laki-laki. Sedangkan jika untuk mayat perempuan, maka setiap akhiran ‘hu’ hendaknya diubah menjadi ‘ha’ yang berarti ‘dia’ (untuk perempuan).

Baca Juga: Syarat Wali Hakim Sebagai Wali Nikah Perempuan

Sebenarnya ada banyak doa – doa yang bisa disampaikan seorang suami, meminta kepada Allah SWT untuk istri dan anaknya, dari yang akan melahirkan, dengan Bahasa Arab, atau bagi mereka yang telah tiada.

Setidaknya, artikel kali ini bisa menjadi salah satu gambaran doa suami untuk istri tersayang yang disampaikan dengan meminta langsung kepada Allah SWT.

Sebaik-baiknya doa adalah yang disampaikan langsung dengan tujuan kepada pencipta-Nya, yakni Allah SWT. Dengan demikian, segala kebaikan dan keberkahan inshallah selalu dilimpahkan.

Itulah yang bisa disampaikan, semoga informasi ini menjadi amal baik kita semua dalam meraih kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Sekian yang bisa disampaikan, terimakasih. Salam.

One thought on “Doa Suami Untuk Istri dan Anaknya Tersayang

  1. All’hamdulilah setela saya membaca semua artikel ini,,,, saya sangat senang sekali,,, sangat,,,, sangat bermanfaat,,, semoga Allah memberikan hidayah dan menghapus dosa yang telah kita lakukan selama hidup di dunia,,, AMIN 🤲😔😔

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *