Hukum Mencukur Alis Dalam Islam
Hukum Mencukur Alis Dalam Islam

Hukum Mencukur Alis Dalam Islam

Diposting pada

Nasihatpernikahan.com – Bagaimana Hukum Mencabut atau Mencukur Alis dalam Islam? Mungkin ini yang kini menjadi pertanyaan untuk kamu, khususnya fenomena yang terjadi ketika akan menikah bagi wanita.

Tak hanya akan menikah, tetapi pada umumnya di hari hari biasanya pun banyak ditemui kaum wanita jaman sekarang yang datang ke salon kecantikan untuk merapikan alis mereka.

Mereka  sengaja mencabut dan mencukur alis lalu kemudian membentuk sendiri dengan pensil alis sesuai kehendak mereka.

Alasanya mereka melakukan hal tersebut adalah upaya mempercantik diri, memperindah bagian tubuhnya, dan lain halnya.

Bahkan kebiasan-kebiasaan tersebut, beberpa informasi dari berbagai media, sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW.

Padahal jelas jelas dalam hadits Rasulullah SAW, bahwa Allah akan melaknat wanita wanita yang sengaja mencukur alis dan wanita yang minta untuk dicukur alisnya.

Dalam hal ini juga sudah sepatutnya kita memahami juga tentang hukum pergi ke salon. Ini biasa banyak ditemui, bahkan sudah umum sekali.

Hukum Larangan Mencukur Alis Dalam Islam

Dikatakan dalam buku Fiqh Wanita yang ditulis Ibrahim Muhammad al Jamal, bahwa mengubah ciptaan Allah dengan cara menambah atau mengurangi jelas dilarang dalam Islam.

Hal ini termasuk mengubah bentuk wajah dengan polesan make up yang tebal, membentuk bibir dan alis, yang mana juga termasuk mencukur alis.

Ini juga termasuk dengan mengecat kuku tangan dan kaki mereka dikatakan bahwa ini semua adalah haram.

Diterangkan oleh al Jamal bahwa Islam menganggap itu semua adalah bentuk cara berhias yang berlebihan yakni tabarruj.

Padahal pada hakikatnya wanita diciptakan oleh Allah SWT dengan paras eloknya tersendiri. Oleh karena itu, baiknya wanita tidak meniru niru praktek yang dianggap bertentangan dengan Sunatullah tersebut di atas.

Berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Mufti Agung Mesir yakni Syekh Ali Jum’ah Muhammad:

dikatakan bahwa menurutnya mengenai mencabut alis ini ada dua pendapat di kalangan para ahli bahasa perkara masuknya bulu bulu lain yang tumbuh di wajah ke dalam larangan ini.

Diungkapkan bahwa perbedaan ini didasari perbedaan ulama soal hukum mencabut alis, antara dihalalkan dan diharamkan.

Syekh Ali Jum’ah mengatakan bahwa:

mencabut alis bagi wanita hukumnya adalah haram jika ia belum menikah, tetapi dikecualikan untuk kebutuhan pengobatan, untuk menghilangkan cacat atau untuk merapikan bulu bulu yang berantakan.

Baca Juga: Penyebab Takut Menikah, Anak Muda Harus Tau Ini

Itulah beberapa hal yang sudah seharusnya kita pahami, terutama bagi wanita yang akan mencukur alisnya, sehingga memahami hukum dalam Islam diperbolehkan atau tidak, sehingga tidak sembarang dalam mencukur alis.

Bahkan, jika ada yang ditemui ketika menikah, dan akan mencukur alisnya, bisa dijadikan nasihat pernikahan tentang bagaimana hukum dalam Islam tentang mencukur alis.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *